Lihat

Unknown


Ini kisah saya copas dari sebuah milist.
Setelah saya baca hingga selesai, Subhanallah…telah membuka kembali hati saya, bahwa sangat berartinya suami saya selama ini. Terimakasih cinta…apa yang telah engkau lakukan untuk kami, adalah perjuangan yang sangat besar dan mulia. Semoga Allah senantiasa melindungimu, memberikan balasan dan pahala yang sangat besar pula atas pengorbananmu selama ini. SyurgaNya. Amiin…Ya Rabbal’alamiin…

Selasa malam (1 Februari 2005), Setelah hujan lebat mengguyur Jakarta, gerimis masih turun. Saya pacu motor dengan cepat dari kantor disekitar Blok-M menuju rumah di Cimanggis-Depok. Kerja penuh seharian membuat saya amat lelah hingga di sekitar daerah Cijantung mata saya sudah benar-benar tidak bisa dibuka lagi. Saya kehilangan konsentrasi dan membuat saya menghentikan motor dan melepas kepenatan di sebuah shelter bis di seberang Mal Cijantung. Saya lihat jam sudah menunjukan pukul 10.25 malam.


Keadaan jalan sudah lumayan sepi. Saya telpon isteri saya kalau saya mungkin agak terlambat dan saya katakan alasan saya berhenti sejenak.

Setelah saya selesai menelpon baru saya menyadari kalau disebelah saya ada seorang ibu muda memeluk seorang anak lelaki kecil berusia sekitar 2 tahun. Tampak jelas sekali mereka kedinginan. Saya terus memperhatikannya dan tanpa terasa airmata saya berlinang dan teringat anak saya (Naufal) yang baru berusia 14 bulan. Pikiran saya terbawa dan berandai-andai, “Bagaimana jadinya jika yang berada disitu adalah isteri dan anak saya?”

Tanpa berlama-lama saya dekati mereka dan saya berusaha menyapanya. ” Ibu,ibu,kalau mau ibu boleh ambil jaket saya, mungkin sedikit kotor tapi masih kering. Paling tidak anak ibu tidak kedinginan” Saya segera membuka raincoat dan jaket saya, dan langsung saya berikan jaket saya.

Tanpa bicara, ibu tersebut tidak menolak dan langsung meraih jaket saya. Pada saat itu saya baru sadar bahwa anak lelakinya benar-benar kedinginan dan giginya bergemeletuk.

“Tunggu sebentar disini bu!” pinta saya. Saya lari ke tukang jamu yang tidak jauh dari shelter itu dan saya meminta air putih hangat padanya. an Alhamdulillah, saya justeru mendapatkan teh manis hangat dari tukang jamu tersebut dan segera saya kembali memberikannya kepada ibu tersebut. “Ini bu,.. kasih ke anak ibu!” selanjutnya mereka meminumnya berdua.

Saya tunggu sejenak sampai mereka selesai. Saya hanya diam memandangi lalu lalang kendaraan yang lewat “Bapak, terima kasih banyak, mau menolong saya” sesaat kemudian ibu tersebut membuka percakapan. Ah, tidak apa-apa, ngomong-ngomong ibu pulang kemana? Tanya saya Saya tinggal di daerah Bintaro tapi…(dia menghentikan bicaranya), Bapak pulang bekerja ? dia balas bertanya.

“Ya” jawab saya singkat.

“Kenapa sampai larut malam pak, memangnya anak isteri bapak tidak menunggu? Tanyanya lagi. Saya diam sejenak karena agak terkejut dengan pertanyaannya.

“Terus terang bu, sebenarnya selama ini saya merasa bersalah karena terlalu sering meninggalkan mereka berdua. Tapi mau bilang apa, masa depan mereka adalah bagian dari tanggung jawab saya. Saya hanya berharap semoga Allah terus menjaga mereka ketika saya pergi.” Mendengar jawaban saya si ibu terisak, saya jadi serba salah. “Bu, maafkan saya kalau saya salah omong.

Pak kalau boleh saya minta uang seratus ribu, kalau bapak berkenan? Pintanya dengan sedih dan sopan. Airmatanya berlinang sambil mengencangkan pelukan ke anak lelakinya.

Karena perasaan bersalah, saya segera keluarkan uang limapuluh-ribuan 2 lembar dan saya berikan padanya. Dia berusaha meraih dan ingin mencium tangan saya, tetapi cepat-cepat saya lepaskan. “ya sudah, ibu ambil saja, tidak usah dipikirkan!” saya berusaha menjelaskannya. “Pak kalau jas hujannya saya pakai bagaimana? Badan saya juga benar-benar kedinginan dan kasihan anak saya” kembali ibu tersebut bertanya dan sekarang membuat saya heran. Saya bingung untuk menjawabnya dan juga ragu memberikannya. Pikiran saya mulai bertanya-tanya, Apakah ibu ini berusaha memeras saya dengan apa yang ditampilkannya di hadapan saya? tapi saya entah mengapa saya benar-benar harus meng-ikhlas- kannya. Maka saya berikan raincoat saya dan kali ini saya hanya tersenyum tidak berkata sepatahpun.

Tiba tiba anaknya menangis dan semakin lama semakin kencang. Ibu tersebut sangat berusaha menghiburnya dan saya benar-benar bingung sekarang harus berbuat apa? Saya keluarkan handphone saya dan saya pinjamkan pada anak tersebut. Dia sedikit terhibur dengan handphone tersebut, mungkin karena lampunya yang menyala. Saya biarkan ibu tersebut menghibur anaknya memainkan handphone saya. Sementara itu saya berjalan agak menjauh dari mereka. Badan dan pikiran yang sudah lelah membuat saya benar-benar kembali tidak dapat berkonsentrasi. Mungkin sekitar 10 menit saya hanya diam di shelter tersebut memandangi lalu lalang kendaraan. Kemudian saya putuskan untuk segera pulang dan meninggalkan ibu dan anaknya tersebut. Saya ambil helm dan saya nyalakan motor, saya pamit dan memohon maaf kalau tidak bisa menemaninya. Saya jelaskan kalau isteri dan anak saya sudah menunggu dirumah. Ibu itu tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada saya.

Dia meminta no telpon rumah saya dan saya tidak menjawabnya, saya benar-benar lelah sekali dan saya berikan saja kartu nama saya. Sesaat kemudian saya lanjutkan perjalanan saya.

Saya hanya diam dan konsentrasi pada jalan yang saya lalui. Udara benar-benar terasa dingin apalagi saat itu saya tidak lagi mengenakan jaket dan raincoat ditambah gerimis kecil sepanjang jalan. Dan ketika sampai di depan garasi dan saya ingin menelpon memberitahukan ke isteri saya kalau saya sudah di depan rumah saya baru sadar kalau handphone saya tertinggal dan masih berada di tangan anak tadi. Saya benar-benar kesal dengan kebodohan saya. Sampai di dalam rumah saya berusaha menghubungi nomor handphone saya tapi hanya terdengar nada handphone dimatikan. “Gila.Saya benar-benar goblok, tidak lebih dari 30 menit saya kehilangan handphone dan semua didalamnya” dengan suara tinggi, saya katakan itu kepada isteri saya dan dia agak tekejut mendengarnya. Selanjutnya saya ceritakan pengalaman saya kepadanya. Isteri saya berusaha menghibur saya dan mengajak saya agar meng-ikhlaskan semuanya. “Mungkin Allah memang menggariskan jalan seperti ini. Sudahlah sana mandi dan shalat dulu, kalau perlu tambah shalat shunah-nya biar bisa lebih ikhlas” dia menjelaskan. Saya segera melakukannya dan tidur.

Keesokan paginya saya terpaksa berangkat kerja membawa mobil padahal hal ini, tidak terlalu saya suka. Saya selalu merasa banyak waktu terbuang jika bekerja membawa mobil ketimbang naik motor yang bisa lebih cepat mengatasi kemacetan. Kalaupun saya bawa motor saya khawatir hujan karena kebetulan saya tidak ada cadangan jaket dan raincoat juga sudah saya berikan kepada ibu dan anak tadi malam. Setelah mengantar isteri yang kerja di salah satu bank swasta di sekitar depok saya langsung menuju kantor tetapi pikiran saya terus melanglang buana terhadap kejadian tadi malam. Saya belum benar-benar meng-ikhlaskan kejadian tadi malam bahkan sesekali saya mengumpat dan mencaci ibu dan anak tersebut didalam hati karena telah menipu saya.

Sampai di kantor, saya kaget melihat sebuah bungkusan besar diselimuti kertas kado dan pita berada di atas meja kerja saya. Saya tanya ke office boy, siapa yang mengantar barang tersebut. Dia hanya menjawab dengan tersenyum kalau yang mengantar adalah supirnya ibu yang tadi malam, katanya bapak kenal dengannya setelah pertemuan semalam bahkan dia menambahkan kelihatannya dari orang berada karena mobilnya mercy yang bagus.

“Bapak selingkuh ya, pagi-pagi sudah dapat hadiah dari perempuan? tanyanya sedikit bercanda kepada saya. Saya hanya tersenyum dan saya menanyakan apakah dia ingat plat nomor mobil orang tersebut, office boy tersebut hanya menggelengkan kepala..

Segera saya buka kotak tersebut dan “Ya Allah, semua milik saya kembali. Jaket, raincoat, handphone, kartu nama dan uangnya. Yang membuat saya terkejut adalah uang yang dikembalikan sebesar 2 juta rupiah jauh melebihi uang yang saya berikan kepadanya. Dan juga selembar kertas yang tertulis ;

” Pak, terima kasih banyak atas pertolongannya tadi malam. Ini saya kembalikan semua yang saya pinjam dan maafkan jika saya tidak sopan. Kemarin saya sudah tidak tahan dan mencoba lari dari rumah setelah saya bertengkar hebat dengan suami saya karena beliau sering terlambat pulang ke rumah dengan alasan pekerjaan. Bodohnya, dompet saya hilang setelah saya berjalan-jalan dengan anak saya di Mall Cijantung. Sebenarnya saya semalam ingin melanjutkan perjalanan ke rumah kakak saya di depok, tetapi saya jadi bingung karena tidak ada lagi uang untuk ongkos makanya saya hanya berdiam di hate bis itu. Setelah saya bertemu dan melihat bapak tadi malam, saya baru menyadari bahwa apa yang suami saya lakukan adalah demi cinta dan masa depan isteri dan anaknya juga. Salam dari suami saya untuk bapak. Salam juga dari kami sekeluarga untuk anak-isteri bapak di rumah. Suami saya berharap, biarlah bapak tidak mengetahui identitas kami dan biarlah menjadi pelajaran kami berdua . Oh ya, maaf handphone bapak terbawa dan saya juga lupa mengembalikannya tadi malam karena saya sedang larut dalam kesedihan. Terima kasih.

Segera saya telpon isteri saya dan saya ceritakan semua yang ada dihadapan saya. Isteri saya merasa bersyukur dan meminta agar semua uangnya diserahkan saja ke mesjid terdekat sebagai amal ibadah keluarga tersebut.
From Renungan N Kisah Inspiratif
67 Responses


  1. cerita Says:

    makasih ceritanya kak



  2. Unknown Says:

    makasih gan cerita ceritanya bikin hati tenang :)


  3. Unknown Says:

    Subhanallah...


  4. cytotec Says:
    This comment has been removed by a blog administrator.

  5. Anonymous Says:

    Subhanallah,,, cerita ny sungguh bagus gan , saya jd terharu dgn semua crt ny ! salam knl dr saya sopian


  6. Unknown Says:

    Jangan berhenti jadi orang baik


  7. Unknown Says:

    Hmmt.... ceritaa yang. mengharukan.. semogaa kita aakan lebih ikhlas lagi beramalnya..


  8. Unknown Says:

    subhanallah Kisah Nyata pengorbanan suami ini bikin hati saya berubah.


  9. Unknown Says:

    Kisahnya lokasi nya ko deket rumah ya ^_^


  10. Cerita Hantu Says:

    Semoga menjadi pelajaran bagi kita sebagai manusia.


  11. Kisah yang sangat menginspirasi masya Allah


  12. Unknown Says:

    Sebuah cerita yg mengharukan, ada lagi?


  13. Unknown Says:

    saya suka ceritanya, semoga menjadi berkah..


  14. Unknown Says:

    Masyaallah sungguh menyentu hati


  15. Unknown Says:

    Masyaallah sungguh menyentu hati


  16. memang begitu lah tugas sang suami.!


  17. sisi lim Says:

    cerita yang sangat menyentuh hati
    baca juga www.curhatsisi.blogspot.com


  18. Unknown Says:

    Ya allah ampunilah sgla dosa saya



  19. inspiratif sekali, hatur nuhun


  20. ARENADOMINO Says:

    AGEN POKER ONLINE TERBESAR DI ASIA | ARENADOMINO.COM | MINIMAL DEPOSIT DAN WITHDRAW HANYA Rp.20.000 | ANDA SEMUA SUDAH DAPAT MENIKMATI SENSASI PERMAINAN DI DALAM GAMES | 1 USERID : DAPAT BERMAIN 6 PERMAINAN SEKALIGUS | DAFTAR SEKARANG JUGA DI : goo.gl/I7w0kC


  21. ptssiliwangi Says:

    Ampe merinding bacanya...


  22. Unknown Says:

    luar biasa, subhanallah


  23. Unknown Says:

    ikhlas adalah yang utama, berbuatlah ikhlas tanpa pamrih inilah akibatnya, subhanallah...


  24. Anonymous Says:

    Ceritanya bikin keluar air mata, Subhanallah. Benar2 memotifasi.
    Terima kasih min bagi2 pengalamannya...



  25. Arena_Domino Says:

    ArenaDomino Agen Judi Poker Online Terpercaya : http://www.arenadominoqq.com/2016/12/arenadomino-poker-uang-asli-terpercaya.html
    http://bit.ly/2oMRERn


  26. Arena_Domino Says:

    FORUM KOMUNITAS TOGEL ONLINE
    WWW.DAPURTOGEL.COM & WWW.DAPURTOGEL.NET


  27. maxisbola Says:

    cerita ini sangat menarik sekali, saya berharap bisa di lanjutkan
    http://www.maxisbola.com/NewIndex.aspx


  28. Arena_Domino Says:

    http://www.dapurtogel.com/kelinci99-bandar-togel-online-dan-live-casino-terpercaya/

    http://www.dapurtogel.com/arenadomino-agen-judi-domino-online-terbaik-dan-terpercaya/

    http://www.arenadominoqq.com/2016/12/arenadomino-poker-uang-asli-terpercaya.html

    http://fans4dcom.blogspot.com/2016/09/arenadominocom-dewa-poker-texas-holdem.html

    http://www.arenadominoqq.com/2016/12/dewalotto-togel-online-casino-taruhan.html

    http://arena-domino-blog.logdown.com/posts/1166388-arenadomino-com-agen-domino-domino-online-agen-poker-poker-online-poker-uang-asli-terpercaya-di-indonesia

    http://arena-domino-blog.logdown.com/posts/1225320-dewalottocom-bandar-togel-live-casino-agen-bola-dewa-bola-agen-casino

    http://www.arenadominoqq.com/2017/06/agen-togel-terpercaya-bandar-togel.html



  29. seo Says:

    masa allh sangat sedih sekali baca nya


  30. Unknown Says:

    SubhanAllah berlinang air mata bacanya, menyentuh bgt, ikhlas kunci dr sglnya


  31. ONLINE Says:

    http://beritaterkini7789.blogspot.com/2017/11/dibaca-tanda-kiamat-telah-muncul-di.html

    - Inilah Saatnya Menang Bersama MEJAVIP.COM
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss!!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik


    Keunggulan MEJAVIP.COM
    - MINIMAL DEPO & WD 15.000
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN KAMI MEMILIKI BONUS NEW MEMBER 20% BOSKU

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di MEJAVIP.COM
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL boss!!!
    cukup kunjungi kami http://www.mejavip88.com/ref.php?ref=ANNISHA96
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam bos!!
    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami!!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya!!!

    Kami tunggu kehadiran bosku yah^^


  32. obat cytotec Says:

    Thanks for sharing the information. Happy to read this article. I get more information from this site.



  33. Thanks you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.



  34. Unknown Says:

    hai gan ayo gabung bersama kami di situs terbaik kami hanya
    login sbobet Dan kalian bakalan menangkan banyak hadiah menarik
    ayok segera bergabung ya gan.


  35. Unknown Says:


    hai gan ayo gabung bersama kami di situs terbaik kami hanya
    Forum Judi Online Dan kalian bakalan menangkan banyak hadiah menarik
    ayok segera bergabung ya gan.


  36. admin 1 Says:

    https://berbagiceritacita.blogspot.com/2015/10/makalah-aborsi-dan-resiko-bagi-pelakunya.html?showComment=1536315189642#c3601960998002391710

    The best online gambling agent is Bandar Slot, Casino SBOBET 338a, maxbet, mr8asia, Betting Prediction, Biggest and Most Trusted in Indonesia. Free Signup Process! You can directly play with less than 3 minutes process.
    Judi Online is an agile basketball player, Casino SBOBET 338a, ibcbet, Betting Prediction and slot game, Biggest and Most Trusted in Indonesia
    judi online

    Welcome to AsetQQ.com, the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
    poker online

    Choosing an online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.net/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    go88poker.com is a trusted online poker site for gambling games Poker, Domino, Bandar Ceme, Bandar Capsa. No matter how much you win, we definitely pay. The go88poker.com site is guaranteed to be safe and reliable. 100% player vs player without robot.
    poker online






  37. admin 1 Says:

    POKERSEJATI is a Poker site We provide interesting online game variants. You can access all of these games practically using just one account.

    situs poker

    ทางเข้า sbobet , สำหรับลูกค้าท่านทีต้องการฝากเงินตั่งแต่ 100.000 บาท ต่อรายการ กรุณาติดต่อสอบถามฝ่ายลูกค้าสัมพันธ์ก่อนทำรายการโอนเงินทุกครั้ง กรุณาติดต่อเราผ่านไลน์แชท หรือแชทสดหน้าเวบไซต์ ลูกค้าสามารถทำการสมัครสมาชิกผ่านหน้าเวบไซต์ หรือ ติดต่อเราผ่านไลน์แชท หรือแชทสดหน้าเวบไซต์ เราคือผู้ให้บริการพนันออนไลน์ ผ่านมือถือที่สะดวก รวดเร็ว ฝาก-ถอนภายใน 5 นาที ตลอด 24 ชั่วโมง WWW.HUAITHAI99.COM
    ทางเข้า sbobet

    JudiKartu is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    LIGA369.CO IS A LEADING ONLINE BALL AND TITLE AGENT. WE ARE LOOKING FOR PREDICATES AS SUPER MASTER AFFILIATE AGENTS FROM VARIOUS FAMOUS ONLINE BALL AND TITLE BETWEEN WORKERS IN THE WORLD. NOW WE SERVE MORE THAN THOUSANDS OF ACTIVE MEMBERS.

    agen bola









  38. admin 1 Says:

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO


    Onekartu is a trusted online poker agent Site. Original Money Poker uses IDNPlay servers that are 100% proven trusted and fairplay. Deposit and Withdraw Process in Crotqq start from 10 thousand rupiah and with fast and safe process. Customer Service Crotqq is available 24 hours to help you if you are having problems. CrotQQ is always trying to become a trusted online poker agent for those of you who want a Fairplay Poker game.

    poker uang asli

    Dompetpoker.org is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online

    4KGOAL.com 4kgoal's live score Indonesia website provides live scores soccer, matches from all leagues and daily game schedules

    is a soccer information site, Livescore, Soccer Schedule, Interactive Soccer Scores and as a community for bookies and bettors to get information.

    With a good background in the football industry, 4KGOAL.com has an outstanding editorial team. Sports information and data is displayed in full including several types of sports such as football, basketball, tennis, badminton and so forth.

    liveskor










  39. admin 1 Says:

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service


  40. anggi88 Says:

    pengorbanan nya sangat menyayat hati
    Sportsbook





  41. MIA Says:

    [IMG]http://i65.tinypic.com/2nqfjth.jpg[/IMG]


    KABAR GEMBIRA !!
    Kami telah hadir untuk kalian nih guys .
    Ingin Agent terbaik ?? Bosan kalah terus ??
    Jangan asal pilih !! Saat nya merasakan sensasi kemenangan saat ini juga !!
    Bukan memberikan janji Palsu !!
    Memberikan BUKTI NYATA , bukan KATA2 !!
    Yuk Bergabung bersama kami di : www.Kicau99.net
    Dengan rate tingkat kemenangan tertinggi loh !!
    Dan langsung di layani oleh CS Cantik yang profesional .
    Yuk di buktikan langsung tingkat rating kemenangan terbesar nya , dan rasakan sensasi kemenangan nya ^^

    Tersedia juga nih 8 Permainan dapat di mainkan di 1 User ID .
    8 Game Tersedia :

    • BandarQ
    • DominoQ
    • AduQ
    • Bandar Poker
    • Capsa Susun
    • Poker
    • Sakong
    • Bandar66

    Tingkat kemenangan tertinggi dan juga ada bonus spesial super besar nih di Kicau99.net

    • Bonus Rollingan 0.3% ( Di bagikan setiap 5 hari sekali ) :shock:
    • Bonus Referal 15% ( Bonus setiap mengajak teman2 untuk bergabung )

    Tunggu apa lagi ? Gabung segera !!
    Rate kemenangan tertinggi , Bonus terbesar , Pelayanan yang ramah , Prosed Depo & Withdraw tercepat , Tersedia 5 bank ternama , dan di layani oleh CS cantik & Profesional ..

    Jika ada kendala atau ingin bertanya2 bisa langsung Add Contact kami :


    • WhatsApp : +6281294974686
    • LINE : kicauqq
    • IG : kicauqq_official_poker

    Link Website : www.Kicau99.net
    Daftar User ID : REGISTER
    LOGINSITE PKV : Kicau99.net

    Jangan Lupa Mampir ke : http://kicauqqlounge.com/

    Dengan pelayanan CS Profesional 24 Jam Nonstop , dan proses Depo & Withdraw Tercepat !!
    Tersedia 5 Bank Ternama di Indonesia yang terdiri :

    • Bank BCA ( 24 jam Nonstop )
    • Bank Mandiri ( 24 Jam Nonstop )
    • Bank BNI ( 24 Jam Nonstop )
    • Bank BRI ( 24 Jam Nonstop )
    • Bank Danamon ( 24 Jam Nonstop )
    #KicauQQ #KicauQQ99 #LiputanKicauQQ #KicauQQ #KicauQQ99 #LiputanKicauQQ #QQKICAU #kicauqqku #kicauqqkita #kicauqqterbaik #kicauqqthebest #kicauqqgambling #qqkicau99 #qqkicauku #PKVGames kunjungi http://148.72.211.84



  42. Yuk Gabung di NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai Agen BandarQ Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)

    Tersedia Deposit Via pulsa :
    Telkomsel & XL

    NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NagaQQ
    Facebook : NagaQQ Official
    Kontakk : Info NagaQQ
    linktree : Agen Judi Online
    WHATSAPP 1 : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM : +855967014811


    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ
    Agen Poker Online


  43. barakcasino Says:

    siapa bilang susah mencari bandar judi bola online resmi? barakcasino hadir dengan tiga provider terbesar asia untuk anda. kunjungi kami di http://149.28.153.153/


  44. dfgfhft Says:

    agen judi slot online menyediakan permainan slot joker123 terpopuler dan rating kemenangan besar. gabung dan main bersama kami di http://139.180.184.251/


  45. NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Nagaqq Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000
    * Deposit via Pulsa TELKOMSEL
    * 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

    10 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat
    * Perang Dadu (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : NagaQQ official
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    nagaqq
    Daftar NagaQQ


  46. terima kasih artikel yang sangat bagus
    Webmedia Training Center


  47. bandar togel online seperti kingdomgrup sudah banyak memberikan diskon untuk membernya bosku, buruan join bosku http://128.199.187.54/


  48. hkpools Says:

    situs hkpools aman dan terpercaya..


  49. bengkel motor terbagus dan terbaik datanglah ke Bengkel Motor Bekasi atau konsultasi melalui website kami http://www.bengkelmotorbekasi.com


  50. hkpools Says:

    dapatkan berbagai penawaran terbaik disitus hkpools


  51. keren kak, depo kecil aja di kasih maxwin, luar biasa ini situs https://172.104.59.107/



  52. putihslot Says:

    👉 HOT PROMO
    - Bonus New member 10%
    - Bonus Harian 5rb
    - Bonus Rollingan Slot 0.3%
    - Bonus Cashback Slot 5%
    - Bonus Rollingan Casino 0.7%

    👉 LAYANAN DEPOSIT
    - BANK ALL TYPE
    - OVO
    - GO-PAY
    - DANA
    - PULSA TELKOMSEL

    kunjung link kami di putih slot


  53. mega888thai Says:

    หารายได้เสริมเพียงแค่เข้าร่วมและเล่นบน https://ddwin888.com


  54. slot dana Says:

    situs slot dana alfamabet,situs yang menjamin kemenangan anda akan dibayar tanpa ribet http://207.148.121.64/